Jumat, 04 Maret 2011

S U A M I KONYOL

Konyol adalah tipe laki-laki yang ngirit dan medit, makan pagi hanya Bretjembret, siang harinya nasi mlarat alias nasi putih ditaburi kering tempe dan kuahnya apa saja yang penting gratis, malamnya cukup dengan Mie instan yang paling murah.
Pada suatu saat Konyol menemukan pasangan hidupnya, yang kalau dilihat dari paras wajahnya, orangnya bisa diajak ngirit dan khususnya bisa diajak bekerja sama dalam meniti rumah tangga yang akan dirintisnya, mengingat umur Konyol sendiri sudah tidak muda lagi sudah genap 35 tahun.
Dari detik ke detik....jam ke jam....hari ke hari.....4 tahun sudah perkawinan antara Konyol dengan Endang, hubungan mereka tidak tambah membaik tapi malah tambah memburuk, bahkan sepertinya sudah hancur berkeping keping karena mereka berdua akan bercerai.

Karena MbahNyol masih kerabat dekatnya Konyol, di panggilah MbahNyol datang ke kotanya untuk ikut menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi  Konyol, dalam mengarungi samudra rumah tangganya.
Hari pertama MbahNyol wawancanda dengan Konyol seharian, hasilnya sebagai berikut :
MbahNyol : Perkawainanmu sudah berapa tahun Nyol ?
Konyol      : Sudah 4 tahun Mbah.
MbahNyol : Terus apa kira-kira yang menjadi permasalahannya sehingga ada rencana mau cerai, padahal kan kamu sudah dikarunia buah cinta kasih dari Tuhan, satu anak yang bernama Ciamikwati.
Konyol      : Konyol tercenung sebentar baru menjawab : Begini Mbah, selama ini dari awal perkawinan, aku dan Endang sudah komitmen  bahwa untuk kebutuhan rumah tangga masing-masing ikut menyangga, kami berdua sama-sama bekerja, bagianku ngangsur kreditan rumah dan Endang sendiri, menyangga pengeluaran untuk kebutuhan rumah tangga.
Tapi kalau saya tanya uangnya masih ada sisa berapa kok malah marah, bahkan sudah tidak menghargaiku lagi, sudah enam bulan ini aku ajak hubungan intim selalu menolak, dari awal perkawinan tidak pernah sekalipun memasakanku, mintanya jajan terus kayak orang yang berduit saja.
MbahNyol : Terus sebagai orang laki-laki, untuk menyalurkan hasratmu bagaimana ?
Konyol      : Disamping memang uang ya pas-pasan, ya apa boleh buat, aku salurkan sama Mbak Hand
MbahNyol : Maksudmu mbak Hand tetanggamu sebelah rumah ?
Konyol      : Ya nggak Mbah, itu kan bayarnya mahal. maksudku ya pakai Hand Body dan tangan hihihihihihi
MbahNyol : Bilang saja dari tadi O...Nana.....O Neni.....malah aku mudeng Nyol....Nyol.....terus sekarang maunya kamu apa ?
Konyol      : Ya terus terang aku masih mencintainya dan aku juga sayang sama anakku, aku memang salah, aku yang minta cerai, tapi tolong Mbah aku nggak mau cerai dari Endang, biar nanti Gajiku akan kukasihkan semuanya dan aku berjanji akan berubah, tidak medit lagi. Tolong MbahNyol besuk nemuin Endang ya ?
MbahNyol : Baik, besuk aku akan menemui Endang dan aku akan tanya yang sebenarnya terjadi, oke ini sudah jam 3 dinihari kita tidur dulu saja ya Nyol, aku capai banget.
Konyol    : Iya Mbah....silahkan tidur, tapi tolong jangan mendengkur ya Mbah....hehehehehehe

Paginya MbahNyol telpon Endang untuk ketemuan, dan dijawab oke jam enam sore, dibawah jambu METE
Jam enam sore tepat bertemulah MbahNyol dengan Endang.
MbahNyol : Bagaimana kabarnya Dang, kok tambah kurusan, simbah yakin kamu jarang dipompa ya
Endang      : Hahahahahaha simbah ada-ada saja, ada apa simbah kepingin ketemu sama aku Mbah ?
MbahNyol : Kamu jangan KURA-KURA dalam KAPAL pura-pura tidak HAFAL
Endang      : Oh iya mengenai Konyol Mbah ? Dia itu suami yang sudah tidak waras.....yang ada di otaknya hanya UANG dan SEX, baik Uang maupun Sexnya tidak pernah bisa memuaskanku, tapi tiap hari selalu tanya mengenai Uang dan minta main terus, emangnya aku ini apanya ?
Endang terus nyerocos terus............Mbah........,  Konyol itu nggak pernah ngasih uang padaku, tapi selalu tanya posisinya uang tiap hari.................mengenai sex........dia nggak pernah tahu keinginanku............apalagi memuaskanku, tancap terus, aku dijadikan babonnya
MbahNyol : Ya......ya aku sekarang sudah tahu permasalahanya, sekarang aku tanya kamu mau kembali sama Konyol kan ?
Endang      : Aku mau kembali sama Konyol, asalkan Konyol mau berubah, tidak kekanak-kanakan lagi
MbahNyol : Baik nanti akan aku sampaikan semuanya, yang penting kamu mau kembali.........dan nggak jadi cerai..........kasihan anakmu Dang
Endang      : Iya si Mbah, makasih ya Mbah, saya pamit dulu

Akhirnya Konyol dan Endang tidak jadi bercerai, dan Mbahnyol dengan bersenandung kecil merangkai kata-kata indah untuk direnungkan.

Sebenarnya apa si yang dicari laki-laki dalam berumah tangga
Kesuksesan.....kemakmuran........kepuasan atau KEBAHAGIAAN ?
Seandainya SUKSES diaduk dengan PUAS dibumbui dengan RENDAH HATI akan muncul yang namanya KEBAHAGIAAN, apalagi jika didukung dengan IMAN CINTA serta HARAPAN, Keluarga seperti ini akan menjadi contoh KELUARGA TERHEBAT DI DUNIA.

Berbahan dasar KEBAIKAN dicampur dengan KEBIJAKSANAAN diaduk dengan CINTA KASIH resep ini akan jadi KEBAJIKAN

Tapi dengan berbahan dasar KESOMBONGAN dicampur dengan KECONGKAAN diaduk dengan KEEGOISAN resep ini akan menjadi KESEMBRONOAN

BERBAHAGIALAH ORANG YANG SELALU MEMBERI TAPI TIDAK PERNAH MEMPERHITUNGKANNYA LAGI
DAN BERBAHGIALAH SUAMI ATAU ISTRI YANG MAU MENGALAH DAN MEMAAFKAN TERHADAP PASANGANNYA

Semoga cerita ini meskipun cara nulisnya konyol-konyolan seperti ini dapat menjadi inspirasi batin buat pasangan yang baru saja menikah, bahkan yang sudah lama berumah tangga dan semoga dapat diambil hikmahnya hehehehehehehe hehehehehehe hehehehehehehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar